Download!Download responsive WP Theme for PREMIUM
Tutorial

Menghapus Plugin WordPress Beserta Database Pluginnya

Ketika kita instal plugin kadang tidak lama kemudian kita ingin uninstal nya langsung karena hal tertentu. Sebenernya ketika kita menghapus/uninstall suatu plugin, sistem WordPress hanya menghapus sebagian besar data pluginnya saja, jadi tidak seluruhnya. Terkadang proses uninstall tersebut meninggalkan beberapa file dan data konfigurasi yang memang sengaja ditinggalkan di dalam database.

Salah satu alasannya adalah agar saat kamu ingin menginstall plugin tersebut lagi, maka pengaturannya masih tetap ada. Memang kedengarannya praktis dan logis, tetapi dalam kenyataannya hal tersebut juga kadang-kadang menyebabkan sistem dan instalasi WordPress berantakan.

Membiarkan file-file konfigurasi tersebut tertinggal didalam database tentu akan mempengaruhi kinerja WordPressmu. Jika dibiarkan terus menerus, instal-uninstall-instal-uninstall, lambat laun ukuran file databasemu akan semakin membengkak. Tentu saja hal ini akan memakan disk space yang lebih besar dan secara otomatis akan menambah beban/loading WordPress.

Untuk itu diperlukan tindakan manual untuk melakukan proses penghapusan/uninstall plugin serta optimasinya. Bagaimana caranya?

Langsung saja kawan, langkah-langkahnya dibawah ini.

Cara Menghapus Plugin Sampai Bersih

Sebelumnya tak lupa saya ingatkan, karena ini akan menyangkut file database jadi diharapkan temen-temen melakukan backup full WordPress sebelumnya.

1. Menggunakan Plugin

Bagi temen-temen yang masih awam tentang WordPress, menggunakan metode plugin ini sangat amat saya sarankan. Selain mudah, semua akan lebih aman dengan menggunakan plugin. Salah satu plugin yang saya anjurkan dalam membersihkan data sampah di database adalah plugin WP Optimize.

Cukup install dan aktifkan plugin tersebut lalu masuk ke menu WP Optimize » Pilih Run Optimization. Tinggal tunggu saja dan biarkan plugin bekerja. Nantinya akan muncul pesan Optimization complete yang artinya tabel-tabel sampah di database webmu telah sukses terhapus juga.

 

2. Tanpa Menggunakan Plugin

Nah jika kamu cukup berani dalam mengutak atik file database tanpa menggunakan plugin, saya juga punya tutorialnya nih. 😀 Jadi disini temen-temen cuma butuh akses ke database, dalam hal ini kita bisa menggunakan phpMyAdmin, biasanya di dalam cPanel sudah ada.

Jika sudah terbuka, klik database WordPress milikmu lalu pilih tabel-tabel yang ingin dihapus. Berhubung disini kita akan menghapus tabel-tabel sampah sisa dari plugin yang telah kita uninstall, jadi tinggal cari saja tabel dengan nama sama seperti pluginnya. Kalau sudah beres, scroll ke bawah daftar tabel, nantinya kamu akan melihat menu drop down dengan label “with selected”. Klik menu drop down itu dan pilih label “Drop”.

Kemudian kamu akan menerima pesan peringatan bahwa kamu akan menghapus beberapa tabel. Klik “Yes” untuk mengkonfirmasi tindakan. Dengan begitu phpMyAdmin akan menghapus tabel-tabel yang telah kamu pilih dan menghapus semua data di dalam tabel-tabel tersebut.

Demikian cara menghapus plugin sampai bersih ke akar-akarnya. Selamat mencoba ya kawan… dan semoga bermanfaat.

Dukungan sumber: muhammadroyyan.com